Home » » Alvina ‘Juragan Kosmetik’: Harga Minimal, Pelayanan Maksimal, Biarkan Pembeli yang Menilai

Alvina ‘Juragan Kosmetik’: Harga Minimal, Pelayanan Maksimal, Biarkan Pembeli yang Menilai

Written By Mira Aprilia on Tuesday, 16 July 2013 | 23:41

Alvina (23), atau yang biasa disapa dengan Vien, memulai bisnis produk kecantikan sejak satu tahun yang lalu. Perempuan yang punya hobi jalan-jalan dan cari tempat makan enak ini ingin toko online-nya besar dan dianggap sebagai ‘juragan’ dari produk-produk kosmetik. Hal ini perlahan Vien buktikan dengan fokus mengurus toko online Juragan Kosmetik dan menjadi salah satu top seller di sebuah e-commerce berdasarkan jumlah serta transaksi produk kosmetiknya.

Netpreneur (N): Produk apa saja yang dijual di Juragan Kosmetik?

Vien (V): Sesuai dengan nama toko, sebagian besar kami menjual produk kecantikan.

N: Sejak kapan jualan produk tersebut di internet?

V: Mulai Mei 2012

N: Bagaimana awalnya pemilik Juragan Kosmetik memutuskan untuk jualan produk tersebut di internet?

V: Kami mendapat rekomendasi untuk berjualan di sebuah web yang bisa bertransaksi langsung karena dilengkapi dengan fitur dan sistem yang baik.

N: Mengapa memilih produk-produk kosmetik sebagai produk yang dijual?

V: Sebagian besar jumlah penduduk adalah wanita. Kecenderungan setiap wanita adalah tampil cantik.

N: Dari mana produk tersebut?

V: Ada beberapa yang impor. Ada juga yang produk dalam negeri.

N: Di mana saja menjualnya?

V: Awalnya sempat punya web sendiri, tapi seiring berjalannya waktu, kami putuskan hanya di salah satu e-commerce saja.

N: Apakah ada makna khusus di balik “Juragan Kosmetik”?

V: Juragan / Gan adalah panggilan khas disebuah forum ternama. Arti lainnya adalah ‘tuan Besar’. Sedangkan, kosmetik adalah produk andalan yang dijual. Jadi, tujuan kami, saat orang mendengar nama “Juragan kosmetik” atau yang biasa disingkat JK akan berpikir bahwa kami adalah tuan besar penjual barang kosmetik.

Salah satu produk yang dijual di Juragan Kosmetik

N: Mengapa memilih nama tersebut?

V: Karena terdengar gagah dan mudah diingat.

N: Siapa target market dari Juragan Kosmetik?

V: Para reseller atau pemilik toko online maupun fisik di daerah-daerah lain, selain di Jakarta.

N: Berapa kisaran profit yang diambil dari produk-produk tersebut?

V: 15 sampai 30 %

N: Bagaimana strategi menghadapi kompetitor produk sejenis?

V: Harga minimal, pelayanan maksimal. Biarkan buyer yang menilai.

N:Apa target bisnis dari Juragan Kosmetik dalam lima tahun ke depan?

V: Menjual produk atau brand sendiri. Karena, sampai saat ini masih menjual brand orang lain.

N: Tips berjualan online?

V: Product knowledge, permintaan pasar, dan image toko. Banyak toko online yang menjual banyak barang pada satu toko. Mulai dari sandal jepit sampai makanan ringan. Coba tentukan satu jenis barang yang dominan agar fokus.

***

(psr)

Diterbitkan pada tanggal 17/07/2013 dan dibaca 48 kali.




sumber : Alvina ‘Juragan Kosmetik’: Harga Minimal, Pelayanan Maksimal, Biarkan Pembeli yang Menilai

0 comments:

Post a Comment