Home » » Obat Herbal

Obat Herbal

Written By Mira Aprilia on Sunday, 18 August 2013 | 23:10

Obat Herbal Obat Herbal

Dibanding obat kimia, obat herbal memang memiliki daya kerja yang cenderung lambat. Hal itulah yang membuat para penderita penyakit serius lebih memilih obat-obatan kimia daripada obat herbal. Mayoritas masyarakat mengetahui bahwa perbedaan signifikan obat kimia dan obat herbal hanya terletak pada kecepatan cara kerja.

Akhirnya, obat-obatan herbal hanya dipandang sebagai obat alternatif setelah obat kimia tidak dapat menyembuhkan penyakit yang diderita. Hal ini pun dibuktikan dengan penamaan pengobatan cara herbal sebagai “pengobatan alternatif”. Namun, benarkah perbedaannya sebatas kecepatan dan kelambatan cara kerja? Tentu saja tidak.

Perbedaan obat herbal dan obat kimia tidak hanya berdasarkan kecepatan maupun kelambatan cara kerja. Lebih dari itu, obat herbal memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki obat-obatan kimia. Namun, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang perbedaan obat herbal dan obat kimia membuat kedudukan obat kimia masih dipandang lebih tinggi.

Ternyata, kurangnya pengetahuan mengenai perbedaan ini pun masih dialami oleh beberapa dokter yang notabene sebagai ahli dalam bidang obat-obatan kimia. Akibatnya, hingga kini masyarakat masih tersugesti untuk segera minum obat kimia jika tubuh mereka terserang penyakit.

Anda tentu sepakat bahwa kesehatan merupakan harta paling berharga. Sebanyak apapun harta yang dimiliki tidak akan berarti apa-apa jika tubuh Anda sedang sakit. Bahkan, uang yang sering dikatakan mampu membeli segalanya seakan tidak berarti lagi. Makanan semahal apapun rasanya akan tawar ketika tubuh Anda terserang penyakit.

Akhirnya, Anda hanya akan menjadi sosok lemah dan seolah tidak berdaya karena tidak lagi memiliki kesehatan, hal yang mungkin selama ini kurang disyukuri. Namun, jangan dulu berputus asa karena kini, bahkan sejak dulu, telah berkembang pengobatan cara herbal.

Apa itu pengobatan herbal? Pengobatan herbal adalah terapi pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami, tumbuhan alam, sebagai bahan obat. Bahan-bahan alami tersebut diolah dengan cara alami pula tanpa melibatkan penggunaan zat-zat kimia. Oleh sebab itulah, obat-obatan herbal dipandang lebih aman daripada obat-obatan kimia.

Semua bahan alami bersifat membangun, bukan menumbangkan. Jadi, konsumsi jangka panjang obat-obatan herbal justru menyehatkan serta dapat memperbaiki organ dan fungsi tubuh secara aman. Hal ini jauh berbeda dengan penggunaan bahan sintetis dalam jangka panjang. Sudah bisa ditebak, fungsi organ tubuh Anda akan rusak. Bahkan, mampu mengakibatkan ketergantungan obat.

Kelebihan Obat Herbal

Belakangan ini, kesadaran masyarakat akan manfaat pengobatan herbal memang sudah semakin terbuka. Bahkan, penggunaan bahan-bahan herbal sudah dijadikan gaya hidup kekinian. Back to nature. Ya, itulah slogan yang sering dielu-elukan masyarakan perkotaan kini.

Sebenarnya, sejak ribuan tahun lalu, alam sudah menyediakan aneka jenis bahan dasar obat yang telah dimanfaatkan manusia secara turun-temurun. Namun, lagi-lagi, manusia sendirilah yang lantas mengabaikan anugerah alam itu.

Seiring peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengobatan herbal, semakin banyak pula penelitian ilmiah dalam bidang ini. Kini, tidak jarang ditemui aneka jenis obat-obatan herbal, seperti jamu, yang diproses lebih modern dengan dukungan penelitian ilmiah.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya Anda mengenal aneka kelebihan obat-obatan herbal dibanding obat-obatan kimia. Berikut ini merupakan rincian beberapa kelebihan obat herbal.

1. Kelebihan Obat Herbal – Tidak Menimbulkan Efek Samping

Obat herbal benar-benar merupakan produk alami yang telah tersedia di alam. Pengolahan obat ini pun dilakukan secara alami, bahkan tradisional, tanpa pencampuran bahan kimia atau sintetis. Oleh sebab itulah, dapat dipastikan bahwa obat-obatan herbal sama sekali tidak memiliki efek samping sehingga sangat aman digunakan.

Sejak ratusan tahun lalu, masyarakat Indonesia telah mengonsumsi aneka jamu tradisional hasil racikan sendiri. Namun, hingga kini belum ditemukan kasus efek samping jamu yang mematikan. Bahkan, jamu telah dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya asli Indonesia. Sebagai warga Indonesia, kita tentu harus bangga dengan hal ini. Bagaimana tidak, Indonesia memiliki salah satu jenis obat herbal yang bebas efek samping maupun ketergantungan.

Akan tetapi, Anda tentu harus tetap berhati-hati saat memilih jamu karena ada beberapa jenis jamu yang tradisional yang diproduksi secara tidak higienis. Bahkan, menggunakan bahan-bahan kimia sebagai campuran. Akhirnya, “obat herbal” ini akan mengancam kesehatan tubuh Anda. Dalam hal ini, yang membahayakan adalah kontaminasi jamur serta zat tambahan lainnya, bukan jamunya.

2. Kelebihan Obat Herbal – Bebas Racun

Obat-obatan kimia atau obat farmasi merupakan racun sehingga tidak boleh dikonsumsi secara sembarang. Namun, ada yang berbeda dari obat herbal. Yaitu, bebas racun. Dengan demikian, obat herbal sangat aman dikonsumsi oleh siapa pun. Bahkan, obat herbal dapat dijadikan sebagai peluruh racun di dalam tubuh atau detoksifikasi.

3. Kelebihan Obat Herbal – Mudah Diproduksi

Obat herbal merupakan obat yang dihasilkan dari pengolahan sederhana beberapa bagian tumbuhan, seperti akar, umbi, buah, bunga, kulit kayu, serta bagian tumbuhan lain. Prosesnya yang terbilang sederhana membuat pengolahan obat herbal tidak membutuhkan teknologi canggih maupun modal penelitian yang besar.

Obat-obatan herbal banyak diproduksi di rumah-rumah sebagai usaha rumah tangga. Pemasarannya pun dilakukan secara sederhana, yaitu door to door. Namun, pemasaran obat herbal kini sudah menggunakan metode yang lebih mutakhir seiring ditemukannya teknologi internet. Melalui internet inilah, pemasaran obat herbal semakin mendunia.

4. Kelebihan Obat Herbal – Menghilangkan Akar Penyakit

Umumnya, obat-obatan kimia hanya bekerja untuk menyembuhkan gejala penyakit. Namun, tidak demikian dengan obat-obatan herbal. Selain menyembuhkan gejala penyakitnya, obat-obatan herbal bekerja hingga menghilangkan akar penyakitnya.

Cara kerja yang berbeda ini disebabkan efek obat herbal yang bersifat menyeluruh (holistik). Akhirnya, pengobatan tidak hanya terfokus pada penghilangan penyakit, tetapi juga pada peningkatan sistem kekebalan tubuh sebagai cara untuk melawan penyakit.

5. Kelebihan Obat Herbal – Mudah Diperoleh

Dibanding obat kimia yang cenderung mahal dan harus memakai resep dokter, kecuali obat warung, obat-obatan herbal lebih mudah diperoleh di mana pun. Anda pun tidak harus meminta resep dokter maupun pergi ke apotek untuk mendapatkan obat herbal. Namun, Anda tetap membutuhkan petunjuk dokter jika menggunakan obat herbal disertai obat-obatan kimia untuk mengantisipasi terjadinya interaksi obat.

6. Kelebihan Obat Herbal – Ekonomis

Ya. Obat-obatan herbal memang cenderung lebih murah dibanding obat kimia. Hal ini disebabkan obat herbal tidak perlu membayar biaya paten maupun mengeluarkan dana untuk melakukan penelitian. Bahkan, harga obat-obatan herbal bisa jauh lebih murah jika diproduksi dengan skala yang lebih efisien.

7. Kelebihan Obat Herbal – Mengandung Banyak Khasiat

Anda tentu sepakat bahwa obat herbal memiliki banyak, bahkan sangat banyak, khasiat. Satu obat herbal saja bisa digunakan untuk mengobati lebih dari satu penyakit.

Misalnya, jintan hitam atau yang lebih terkenal dengan sebutan habbatussauda yang dapat menyembuhkan asam urat, migrain, diabetes, hepatitis, bahkan kanker. Contoh lain, bawang putih yang bersifat antivirus serta mampu menguatkan jantung dan menurunkan kolesterol.

Itulah beberapa kelebihan obat-obatan herbal dibanding obat-obatan kimia yang rentan efek samping. Selain memiliki efek samping yang membahayakan, bahkan mematikan, cara kerja obat-obatan kimia cenderung kurang efektif untuk mengobati penyakit tertentu.

Yang tidak kalah penting, obat-obatan kimia cenderung lebih mahal karena mayoritas obat kimia merupakan produk impor. Dengan berbagai risiko yang mungkin diperoleh dari obat-obatan kimia, masihkah Anda tertarik mengonsumsinya? Stop! Kini, saatnya Anda memilih cara pengobatan ala nenek moyang melalui obat-obatan herbal.

Related posts:

Manfaat Jambu Air bagi Kesehatan

Cara Menghilangkan Lemak di Perut

Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh



sumber : Obat Herbal

0 comments:

Post a Comment